Kisi Kisi UN SMA Biologi 2015
Kompetensi |
Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah |
Indikator |
- Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.
|
Kompetensi |
Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya |
Indikator |
- Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia.
- Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).
- Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
- Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.
- Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
- Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.
- Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata
|
Kompetensi |
Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem. |
Indikator |
- Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
- Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
- Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
|
Kompetensi |
Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan. |
Indikator |
- Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel.
- Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.
- Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan
|
Kompetensi |
Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut. |
Indikator |
- Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
- Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya.
- Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya.
- Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.
- Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya.
- Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
- Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin.
- Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh
|
Kompetensi |
Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan
yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan. |
Indikator |
- Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
|
Kompetensi |
Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis. |
Indikator |
- Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
- Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.
- Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.
- Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan.
- Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.
|
Kompetensi |
Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsipprinsip hereditas dan peristiwa mutasi. |
Indikator |
- Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
- Menjelaskan proses sintesis protein.
- Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
- Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel.
- Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
- Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
- Menjelaskan peristiwa mutasi.
|
Kompetensi |
Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains. |
Indikator |
- Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
- Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi.
|
Kompetensi |
Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi. |
Indikator |
- Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
- Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologikonvensional/ modern.
- Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar