Minggu, 15 Februari 2015

Kisi-kisi UN Biologi 2015

 
Kisi Kisi UN SMA Biologi 2015
Kompetensi Memahami hakikat biologi sebagai ilmu dan mendeskripsikan objek permasalahan biologi melalui metode ilmiah
Indikator
  • Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi.

Kompetensi Menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya
Indikator
  • Menjelaskan peran Virus, Archaebacteria dan Eubacteria bagi kehidupan manusia.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri/peran kelompok jamur dan protista (jamur, protista, protozoa, alga).
  • Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup.
  • Menjelaskan upaya pelestarian sumber daya alam tertentu.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok tumbuhan.
  • Mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan invertebrata.
  • Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan vertebrata

Kompetensi Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan energi serta peran manusia dalam keseimbangan ekosistem.
Indikator
  • Menganalisis hubungan antarkomponen dan aliran energi dalam suatu ekosistem.
  • Menjelaskan proses yang terjadi pada daur biogeokimia.
  • Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .

Kompetensi Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengaitkannya dengan struktur dan fungsi jaringan.
Indikator
  • Menjelaskan struktur sel dan komponen kimiawinya, serta proses yang terjadi pada sel.
  • Menjelaskan fungsi organel sel pada tumbuhan dan hewan.
  • Menjelaskan sifat,ciri-ciri dan fungsi jaringan pada tumbuhan dan hewan

Kompetensi Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi pada organ tersebut.
Indikator
  • Menjelaskan mekanisme gerak otot/sendi/penyakit pada sistem gerak pada manusia.
  • Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan gangguannya.
  • Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia dan gangguannya.
  • Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan gangguannya.
  • Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia dan gangguannya.
  • Menjelaskan sistem regulasi (saraf, endokrin dan pengindraan) pada manusia.
  • Menjelaskan sistem reproduksi manusia dan proses pembentukan sel kelamin.
  • Menjelaskan mekanisme pertahanan tubuh

Kompetensi Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui hasil percobaan atau pengamatan.
Indikator
  • Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.

Kompetensi Mendeskripsikan proses metabolisme karbohidrat dan kemosintesis.
Indikator
  • Menjelaskan ciri-ciri dan cara kerja dari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kerja enzim.
  • Menjelaskan proses katabolisme karbohidrat.
  • Menjelaskan zat yang dikeluarkan/dihasilkan pada proses respirasi aerob.
  • Menjelaskan tahapan proses anabolisme (fotosintesis) pada tumbuhan.
  • Menjelaskan proses kemosintesis/respirasi anaerob.

Kompetensi Memahami konsep dasar hereditas, reproduksi sel, penerapan prinsipprinsip hereditas dan peristiwa mutasi.
Indikator
  • Menjelaskan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
  • Menjelaskan proses sintesis protein.
  • Mengidentifikasi tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis.
  • Menginterpretasikan persilangan berdasarkan hukum Mendel.
  • Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
  • Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
  • Menjelaskan peristiwa mutasi.

Kompetensi Menjelaskan teori evolusi dan implikasi pada perkembangan sains.
Indikator
  • Menjelaskan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya.
  • Menjelaskan prinsip-prinsip penting pada evolusi.

Kompetensi Menjelaskan prinsip-prinsip dan aplikasi bioteknologi.
Indikator
  • Menjelaskan prinsip dasar bioteknologi.
  • Menjelaskan contoh aplikasi bioteknologikonvensional/ modern.
  • Menjelaskan dampak aplikasi bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar